Perancangan Enterprise Architecture Mengunakan Togaf Architecture Development Method (Studi Kasus: Yakuza Gym Jakarta Barat)

Prosiding Seminar Nasional Teknoka - 2, Tahun 2017. Kegiatan ini didukung oleh Bukalapak.com, Penerbit Erlangga, Jakarta., dan UWENAKE.

Abstrak

Yakuza Gym merupakan sebuah fitness center yang bergerak dalam bidang kebugaran dan kesehatan. Untuk meningkatkan kualitas manajemen dan pelayanan, maka perlu adanya sebuah sistem informasi yang membantu dalam proses manajemen dan kinerja dari fitness center tersebut. Salah satu faktor pendorong kebutuhan sistem informasi adalah semakin meningkatnya kebutuhan fungsi pelayanan yang dijalankan. Enterprise Architecture Planning (EAP) digunakan untuk menentukan arsitektur untuk penggunaan informasi dalam mendukung bisnis dan rencana implementasi arsitektur di sebuah perusahaan/organisasi. Penelitian ini menggunakan metodologi TOGAF ADM dimulai dari preliminary phase, requirement management, architecture vision, business architecture, information system architecture, technology architecture, opportunities and solution, hingga migration planning. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini, yaitu suatu usulan model TOGAF yang disesuaikan dengan proses dan kebutuhan bisnis dari fitness center dalam merancang Enterprise Architecture untuk perencanaan strategis SI/TI.

Author Biographies

Suryadi Suryadi, Universitas Bunda Mulia, Jakarta

Program Studi Sistem InformasiJohanes Fernandes Andry, Universitas Bunda Mulia, Jakarta

Program Studi Sistem Informasi

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/748/292

This web supported by : www.uhamka.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *