Pendugaan Parameter Model Produksi Constant Elasticity of Subtitutions (CES) dengan Metode Kuadrat Terkecil Nonlinear

Prosiding Seminar Nasional Teknoka - 2, Tahun 2017. Kegiatan ini didukung oleh Bukalapak.com, Penerbit Erlangga, Jakarta., dan UWENAKE.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh nilai dugaan dari model produksi Constant Elasticity Subtitutions (CES) secara intrinsik nonlinear. Model produksi CES didefinisikan dengan -. Metode kuadrat terkecil nonlinear digunakan untuk menduga model produksi CES. Persamaan yang diperoleh dengan metode kuadrat terkecil nonlinear tidak dapat diselesaikan secara analitik. Untuk menyelesaikan masalah tersebut digunakan metode iteratif Newton Raphson. Model produksi CES yang diperoleh dari hasil studi dengan menggunakan data adalah – . Simulasi yang dilakukan dengan metode ini menunjukan bias untuk masing-masing parameter adalah =-1.021, = -0.0054, = 0.0675 dan = 0.0955. Hasil tersebut menunjukan metode kuadrat terkecil nonlinear cekup baik untuk menduga parameter pada model produksi CES.

Author Biographies

Dian Kurniasari, Universitas Lampung, Indonesia

Jurusan MatematikaNoferdis Setiawan, Universitas Lampung, Indonesia

Jurusan MatematikaWarsono Warsono, Universitas Lampung, Indonesia

Jurusan MatematikaYeftanus Antonio, Universitas Lampung, Indonesia

Jurusan Matematika

References

[1] Draper, N. Dan Smith, H. 1981. Analisis Regresi Terapan edisi kedua. Sumantri B, penerjemah. Jakarta: Gramedia, terjemahan dari: Applied Regression analysis.

[2] Sitepu, K. Rasidin dan Sinaga, M. Bonar. 2006. Aplikasi Model Ekonometrika. Program studi Ilmu Ekonomi Pertanian Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

[3] Hoog, R.V. dan Allen T. Craig. 1995. Introduction to Mathematical Statistics. Fifth edition. Princtice-Hall Internasional Inc, New Jersey.

[4] Usman, Mustofa dan Warsono. 2009. Teori Model Linear dan Aplikasinya. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

[5] Novalina. 2006. Pendugaan Parameter Model Nonlinier. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

[6] Seber, G.A.F dan Wild, C.J. 2003. Nonlinear Regression. Departement of statistics. University Auckland, New Zealand.

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/753/297

This web supported by : www.uhamaka.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *