Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Terhadap Pemilihan Wisata Halal

Abstrak

Mencari strategi yang jitu untuk menarik wisatawan merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha pariwisata. Melihat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, membuat pelaku usaha wisata mengadakan sebuah perjalanan wisata halal. Namun perlu pula mengetahui faktor-faktor wisatawan memilih destinasi tujuan wisata sehingga pelaku wisata dapat membuat perencanaan perjalanan yang membuat wisatawan memilih mereka. Sehingga untuk mendukung penelitian ini, maka telah disebar angket ke 67 calon wisatawan yang isinya terdiri dari profil responden, kondisi pasar, baur pemasaran yang terdiri atas : produk yang ditawarkan, harga, lokasi travel, promosi yang dilakukan, karyawan, program yang ditawarkan, dan kerjasama.  Angket diolah dengan SPSS, berdasarkan uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa responden memberikan hasil positif terhadap 27 variabel yang diajukan dengan angka Cronbach’s Alpha sebesar 0.841 dan nilai KMO 0.725.

Author Biographies

Popy Meilina, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Department of Informatic Engineering

Faculty of EngineeringYana Adharani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Department of Informatic Engineering

Faculty of EngineeringArdiansyah Dores, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Department of Informatic Engineering

Faculty of Engineering

References

(2017, Desember 26). Retrieved from Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh: http://disbudpar.acehprov.go.id/sekilas-tentang-wisata-halal/

Morrison, A. F. (2010). Hospitality & Travel Marketing. In 2010. Delmar Cengage Learning.

Pitana, I. G., & Diarta, I. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Yogyakarta.

Syakhala, A. R., Puspitaningrum, D., & Purwandari, E. P. (2015, November). Perbandingan Metode Principle Component Anlysis (PCA) Dengan Metode Hidden Markov Model (HMM) Dalam Pengenalan Identitas Seseorang Melalui Wajah. Jurnal Rekursif, Volume 3 No 2.

Yusendra, M. E. (2015, Januari). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Magister Managemen Volume 1 No 1.

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2834/833

This Web supported by : www.uhamka.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *